Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan acara Peningkatan Komisi Irigasi Kabupaten Bireuen selama 1 hari pada tanggal 19 Agustus 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Bireuen . dalam acara tersebut yang menjadi pimpinan sidang adalah Muslim M.Si (Kepala Bappeda Kabuaten Bireuen), Sekretris Saiful, ST (Kabid Infra Struktur dan Pengembangan Wilayah), Forum ini dilikuti oleh peserta sidang/rapat yang terdiri dari Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Peertanian, Pengamat Irigasi, Konsultan ISAI Aceh, Konsultan Pendukung IPDMIP, KTPM, Keujruen, dan, Tokoh Masyarakat dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Bireuen.

 

Pada Acara Peningkatan kapasitas Komisi Irigasi program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) Tahun 2019 di harapkan adanya peningkatan pemahaman anggota komisi irigasi terhadap fungsi dan tugasnya sebagai Anggota Komisi Irigasi, pemahaman dalam kepengurusan komir itu sendiri dan juga tata kerja komir kabupaten yang di antara lain :

  1. Komisi Irigasi bersidang sekurang-kurangnya 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun pada waktu menjelang musim hujan dan menjelang musim kemarau yang dihadiri oleh seluruh anggota komisi irigasi dan dipimpin oleh ketua komisi irigasi.
  2. Tata tertib persidangan dan tata cara pengambilan keputusan ditetapkan oleh ketua komisi irigasi.
  3. Dalam melakukan persidangan, ketua komisi irigasi dapat mengundang narasumber tertentu dari instansi pemerintah, unsur perguruan tinggi, Lembaga swadaya masyarakat, dan unsur masyarakat terkait.