Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud secara simbolis membuka rangkaian pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen Tahun 2015 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja dan Pembangunan Kabupaten (RKPK) Bireuen Tahun 2016 bertempat di Oproom Pendopo Bupati, Rabu (03/02/2015).

Acara dimaksud turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen Ir. Zulkifli, Sp, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bireuen serta para Camat dari 17 Kecamatan yang merupakan penanggungjawab pelaksanaan Musrenbang kecamatan tahun 2015.

Bupati Bireuen dalam sambutannya, mengatakan bahwa musrenbang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat gampong, kecamatan, dan kabupaten untuk kemudian disusun menjadi RKPK Bireuen, ” ini merupakan amanat UU, jadi, wajib dilaksanakan setiap tahun, karena ini merupakan proses dan mekanisme perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah, terlepas dari suka atau tidak suka bahkan sering membosankan ”, imbuh beliau lagi

Lebih lanjut Bupati mengatakan untuk menghadapi pelaksanaan tahun anggaran 2016 yang akan datang Pemerintah Kabupaten Bireuen perlu merumuskan suatu rencana kegiatan pembangunan yang akuntabel, transparan, partisipatif dan dengan terobosan yang inovatif, mampu memberikan alternative penyelesaian masalah yang efektif dan efisien, serta dukungan terhadap pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, berikut turunan peraturan lainnya.Tentunya setiap usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat tersebut, perlu dilihat dan di evaluasi kembali, mana yang lebih skala prioritas, setelah itu baru kita anggarkan ke dalam anggaran belanja daerah.

“Tidak semua usulan yang disampaikan lewat Musrenbang semuanya bisa terpenuhi. Pemerintah Daerah tentu mempertimbangkan mana yang skala prioritas, selain itu daerah juga memiliki anggaran yang sangat terbatas, kendati demikian berbagai usulan yang disampaikan tersebut. Tetap diusahakan secara bertahap, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, karena itu masyarakat perlu bersabar,” papar Bupati menjelaskan.

“Walaupun tantangan kita ke depan semakin berat, saya mengajak kita semua untuk saling bersinergi, kesampingkan perbedaan demi membangun Kabupaten Bireuen yang lebih baik dan jaga kekompakan, serta Saya harap kepala-kepala SKPK Bireuen sering turun ke lapangan agar mengetahui masalah-masalah yang ada untuk segera dicarikan solusinya,” pungkasnya.

Beliau juga menambahkan, meskipun dengan berbagai keterbatasan sumberdaya yang ada, kita harus mampu berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mewujudkan visi RPJM Kabupaten Bireuen tahun 2012-2017, dengan menitik beratkan pada pembangunan Pertanian secara umum dan perikanan sebagai tahapan target pembangunan di tahun 2015.

Pada waktu yang sama, dilanjutkan dengan pengarahan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun 2015 kepada para Camat oleh Bappeda Kabupaten Bireuen, yang dipimpin oleh Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si selaku Kepala Bappeda.

Dalam arahannya kepala Bappeda mengatakan bahwa Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah stakeholders kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan darigampong serta menyepakati kegiatan lintas gampong dikecamatan yang bersangkutan sebagai dasar penyusunan Rencana KerjaKantor Camat dan Rencana Kerja Tahunan Kecamatan (RPTK) tahun2016. Selanjutnya akan dikompilasi menjadi bahan Rencana kerja SKPK Bireuen dan RKPK Bireuen Tahun 2016.

Musrenbang Kecamatan tahun 2015, dilaksanakan secara bergilir sejak tanggal 4 s/d 26 Februari 2015 di 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, dimulai dari Kecamatan Samalanga dan berakhir di Kecamatan Gandapura.