Berdasarkan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang pemerintahan daerah, maka Forum Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bireuen merupakan salah satu tahapan didalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) Bireuen yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan di daerah.

Forum SKPK Bireuen merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan SKPK Kabupaten sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Dalam Laporan tertulis kepala BAPPEDA Kabupaten Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M. Si, yang dibacakan oleh masing-masing Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Kabupaten Bireuen pada pelaksanaan forum, menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Forum Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bireuen pada Tahun 2015 adalah :

  1. Untuk menyelaraskan program dan kegiatan dengan tupoksi SKPK Bireuen dengan hasil musrenbang tingkat kecamatan dan gampong
  2. Sebagai upaya untuk meningkatkan penajaman indikator program dan kegiatan masing-masing SKPK Bireuen sesuai dengan tupoksi
  3. Untuk menyelaraskan program dan kegiatan masing-masing SKPK dalam rangka sinergi dan optimalisasi pencapaian sasaran.
  4. Penyesuian dana program dengan kegiatan prioritas pagu indikatif pada masing-masing SKPK.

Hal tersebut disampaikan kepala Bappeda Kabupaten Bireuen sehubungan dengan harapan Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud bahwa, yang mengharapkan bahwa program dan kegiatan Kabupaten Bireuen Tahun 2016 harus terukur, output, outcame serta dampak atau manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat harus bisa diukur dalam rangka peningkatan kualitas perencanaan program pembangunan di Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini juga merupakan benang merah dari kegiatan musrenbang tingkat kecamatan dan gampong sehingga melalui kegiatan ini usulan masukan dari masyarakat terkait dengan kegiatan pembangunan dapat terakomodir berdasarkan skala prioritas pada masing-masing SKPK Pelaksana lingkup Pemerintahan Kabupaten Bireuen, mengingat bahwa Kabupaten Bireuen menganut sistem buttom up dalam proses perencanaan kegiatan pembangunan

Sehingga, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, bahwa unsur perencanaan merupakan hal penting dalam melaksanakan kegiatan, agar tujuan dan arah dari suatu kegiatan dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal ini sering diungkapkan oleh Bupati Bireuen, H. Ruslan M. Daud pada saat-saat memberikan arahan tentang rencana pembangunan Kabupaten Bireuen terutama dalam rangka Penyusunan Rencana Awal Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten Bireuen Tahun 2016.

Pelaksanaan Forum SKPD Kabupaten Bireuen Tahun 2014 dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 10 dan 11 Maret 2015 di Aula Bappeda Kabupaten Bireuen dengan peserta yang terdiri dari Unsur Bappeda, Para Pimpinan SKPK, Camat dan Geuchik se Kabupaten Bireuen serta delegasi perwakilan masyarakat dari 17 Kecamatan. Adapun output dari kegiatan forum SKPK Bireuen ini yaitu Rencan Kerjaja SKPK hasil Forum SKPK yang sumber pendanaanya sudah dipilah ( APBK, APBA dan APBN) untuk di bawah ke Musrenbang Kabupaten Bireuen dan Musrenbang Aceh