Pelatihan Aplikasi Pemanfatan Basis Data Terpadu 2015 dan Pelatihan Aplikasi Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

//Pelatihan Aplikasi Pemanfatan Basis Data Terpadu 2015 dan Pelatihan Aplikasi Kebijakan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Acara di buka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya, SDM dan Keistimewaan Aceh BAPPEDA Kab. Bireuen (Irmawati, SP) bertempat di aula BAPPEDA Kabupaten Bireuen pada hari Kamis  tanggal 09  Februari 2017 yang diikuti oleh Kasubbid Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kasubbid Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial BAPPEDA Kab. Bireuen, Kasubbid Pendidikan dan Keistimewaan Aceh BAPPEDA Kab. Bireuen, Kasubbid Data, Pelaporan dan Evaluasi BAPPEDA Kab.Bireuen, Kasubbid Ekonomi BAPPEDA Kab. Bireuen, Bagian Perekonomian Daerah Setdakab Bireuen, BPS Kabupaten Bireuen, Operator Baitul Mal Kab. Bireuen, Operator TKPK BAPPEDA Kab. Bireuen, Operator Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kab. Bireuen, Operator TKPK Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, Operator TKPK Dinas Perumahan Rakyak, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kab. Bireuen, Operator TKPK Dinas Sosial Kab. Bireuen,  Operator TKPK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bireuen, Operator TKPK Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kab. Bireuen dan Operator kantor Camat 17 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen, juga dikuti oleh Koordinator TKSK Kecamatan dan Koordinator PKH Kabupaten Bireuen serta Perwakilan KOMPAK dan sejumlah Staf dilingkungan BAPPEDA  Kabupaten Bireuen.

Setelah Pembukaan, selanjutnya Acara dipandu oleh Kasubbid Pemerintahan dan Pemberdayaan masyarakat BAPPEDA Kab. Bireuen,

Sesi Pertama dimulai dengan Pelatihan pengisian Aplikasi  Pengaduan Subsidi Listrik Tepat sasaran yang disampaikan oleh Tim PT.PLN Ranting Bireuen berjumlah 8 orang yang saling bergantian dalam penyampaian materi dan Praktek. Pelatihan tersebut lebih mengutamakan praktek Langsung agar mudah untuk dapat dimengerti oleh peserta dengan harapan, setelah pelatihan ini peserta dapat mengimplentasikan dilapangan khususnya di tingkat Kecamatan. Sejalan dengan praktek Aplikasi tersebut para peserta langsung dapat melakukan tanya jawab sehingga para Narasumber / Pelatih dari TIM PLN Ranting Bireuen langsung memberikan jawaban dan dapat dipahami oleh seluruh Peserta.

Sesi Kedua dilanjutkan setelah makan siang dengan agenda Pelatihan Aplikasi Pemanfaatan Basis Data Terpadu (BDT) 2015 yang dipaparkan Kasie IPDS BPS Kabupaten Bireuen, Pelatihan ini lebih mengutamakan cara dan tekhnik pemanfaatan data BDT, Seluruh Operator SKPK  dan kantor Camat mengikuti dan mempelajari dengan seksama, disela-sela pelatihan peserta dapat menanyakan lansung kepada Narasumber berbagai persoalan yang bakal timbul di lapangan.

Kabid Sosbud, SDM dan Keistimewaan Aceh BAPPEDA Kab. Bireuen (Irmawti, SP), meminta kepada peserta agar setelah mengikuti sesi pelatihan langsung melakukan praktek dengan Program dan Kegiatan pada Instansi masing-masing sekaligus mempresentasikan, kepada peserta yang lain diharapkan agar memperhatiakan dan memberikan tanggapan/saran yang di paparkan oleh peserta yang lain.

Dari presentasi yang dipaparkan oleh masing-masing Instansi dapat disimpulkan bahwa seluruh operator yang ikut pelatihan tersebut telah menguasai dan memahami cara / tekhnik Pemanfaatan BDT 2015 pada Instansi masing-masing. Sebelum acara pelatihan dimaksud ditutup, Kabid Sosbud, SDM dan Keistimewaan Aceh BAPPEDA Kab. Bireuen  mengharapkan kepada seluruh peserta, sepulangnya dari pelatihan agar segera melaporkan kepada Pimpinan masing-masing bahwa BDT wajib dipergunakan sebagai sumber data untuk Perencanaan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan pada SKPK.

By | 2017-03-09T13:50:15+00:00 March 9th, 2017|Berita Bappeda|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment