MUSRENBANG RKPK 2017

//MUSRENBANG RKPK 2017

Dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) Bireuen Tahun Anggaran 2017, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bireuen dengan tema “Melalui Musrenbang Tahun 2016 kita tingkatkan kualitas SDM dan Pertumbuhan Ekonomi dengan pembangunan Infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan” pada hari selasa tanggal 22 Maret 2016 di Aula Setdakab. Musrenbang diikuti oleh 6 orang perwakilan dari 17 kecamatan, Kepala SKPK, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Anggota DPRK Bireuen serta pejabat teknis dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bireuen
Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan tujuan :

  1. Mendapatkan masukan akhir untuk penyempurnaan RKPK Bireuen yang dirinci berdasarkan Kegiatan Prioritas, Pagu Dana menurut fungsi SKPK dan informasi mengenai kegiatan yang akan dijadikan sebagai dasar menentukan kebijakan Anggaran Tahun 2017;
  2. Mensikronkan agenda dan program prioritas pembangunan Nasional yang tertuang dalam rancangan RKP dengan Rencana Kegiatan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang memerlukan dukungan pendanaan dekonsentrasi dan tugas pembantuan dan dana perimbangan;
  3. Merupakan media konsultasi publik bagi segenap Pemangku Kepentingan Daerah untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan untuk mendukung implementasi kegiatan tahun 2017.

Bupati Bireuen H Ruslan M. Daud dalam pidato pembukaannya menyatakan Musrenbang ini bukan kegiatan seremonial pihak Pemerintah Daerah, tetapi merupakan inti dari perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dari tingkat gampong, kecamatan, kabupaten sampai ke provinsi dan bahkan tingkat nasional.

Dalam merumuskan rencana kerja program dan kegiatan harus lebih mempertimbangkan skala prioritas dan ketersediaan anggaran yang ada. Lebih lanjut Bupati Bireuen meminta kepada seluruh komponen masyarakat dan SKPK yang mengikuti musrenbang untuk lebih pro aktif untuk menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang komprehensif baik dari sisi kepentingan nasional maupun daerah dalam rangka mewujudkan visi pembangunan kabupaten bireuen 2012-2017 yaitu “Kabupaten Bireuen yang Bermartabat dan Mandiri Berlandaskan UUPA”

By | 2017-08-04T16:40:21+00:00 May 12th, 2016|Berita Bappeda|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment